If you want to share and earn points please login first

Enea Bastianini – La Bestia MotoGP

Enea Bastianini lahir pada 30 Desember 1997 di Rimini, Italia, bakatnya terlihat saat dalam dunia adu kecepat saat umur tiga tahun tiga bulan yang sudah ikut balapan minibike.

Awal karirnya di dunia profesional adu kecepatan, Enea Bastianini dalam usia tersebut sudah masuk beberapa kategori dan pada tahun 2012 ia menjadi juara di MiniGP 70cc Italia Championship.

Pada 2013, Enea Bastianini ikut kompetisi di Red Bull MotoGP Rookies Cup. Di kompetisi ini, Enea Bastianini finis keempat dalam kejuaraan tersebut.

Untuk membuktikan kecakapannya dalam dunia adu kecepatan, pada 2014 Enea Bastianini mengambil langkah pertamanya di Moto3 dengan mengendarai Team FO&FUN Moto3.

Dalam musim pertama di Moto3, Enea Bastianini tidak begitu menonjol tetapi ia menyelesaikan Moto3 pada musim di urutan kesembilan. Untuk kemenangan pertamanya di Moto3 diperoleh pada musim kedua debutnya, yakni pada September 2015 dan menyelesaikan pada musim tersebut di temoat ketiga di klasmen akhir kejuaraan.

Karir Enea Bastianini dari musim ke musim semakin membaik, bahkan pada 2016 ia menjadi runner-up kejuaraan dengan 177 poin dengan enam kali naik podium dan sekali kemenangan saat belaga di Motegi.

Pada 2019, Enea Bastianini dipromosikan ke kelas Moto2 bersama tim Italtrans Racing setelah lima musim di Moto3.

Pada musim pertamanya bersama Italtrans racing Team, menyelesaikan akhir musim di 10 besar dengan 97 poin dengan sekali naik podium. Tetapi pada musim kedua bersama Italtrans Racing, Enea Bastianini memperoleh gelar juara dunia Moto2 musim 2020 dengan 205 poin dengan tiga kemengenan dan tujuh kali naik podium.

Meskipun Enea Bastianini merupakan salah satu pembalap top Italia pada MotoGP musim ini, Enea Bastianini bukan jebolan akademi balap VR46 milik Rossi. Enea Bastianini menolak tawaran untuk masuk VR46 Academy, ia bisa meraih prestasi tanpa bantuan akademi milik Rossi.

Pada 6 Maret 2022, Enea Bastianini membuktikan ucapannya dengan naik podium perdananya pada MotoGP pada musim ini.

If you want to share and earn points please login first