Biografi Henry Ford – Pendiri Perusahaan Ford Otomotif
Henry Ford dilahirkan pada tanggal 30 Juli 1863. Ia dimasukkan ke sekolahnya pada usia 5 tahun oleh ibunya. Ketika akan berangkat ia harus berlari-lari kecil menuju sekolahnya yang berjarak kurang lebih 2½ mil itu, dan dengan jarak yang sama pula kembali pulang pada saat gelap telah turun, sampai di rumah. Dengan begitu ia harus membawa bekal dari rumah untuk makan siang di sekolahnya. Tiga tahun kemudian ia dipindahkan ke sekolah lain oleh orang tuanya tapi masih dalam jarak yang sama.
Sejak masih kecil Henry telah menaruh perhatian yang besar terhadap berbagai mesin-mesin. Hal tersebut amat mencemaskan ayahnya.
Ayahnya, William Ford menginginkan anaknya kelak menjadi seorang petani atau pedagang besar dan sukses karena ia sendiri adalah juga keturunan seorang petani.
Akan tetapi Hendry tidak berminat terhadap pertanian. Kesukaannya kepada mesin-mesin itu kadang-kadang sering menyulitkannya, karena ia harus melawan kemauan ayahnya.
Suatu hari seorang petani datang ke sekolah Henry sambil marah-marah. Ia mengadu kepada guru di sekolah itu, dan menceritakan perihal tingkah laku beberapa orang murid sekolah itu. Mereka dipimpin oleh Henry untuk membendung sebuah sungai kecil yang mengaliri ladang-ladang pertanian miliki petani tadi.
Bendungan tersebut mengakibatkan aliran sungai menjadi terhenti dan mengakibatkan banjir yang tidak karuan. Sang guru langsung berpaling dan berkata kepada Henry, “Pekerjaan apa ini, Henry?”, Tanya gurunya dengan geram. “Mengapa, ee” jawab Hendry tanpa acuh, “Kami tidak melakukan apa pun dan membanjiri ladang itu, kami hanya membangun sebuah bendungan untuk membendung air guna mengadakan percobaan kincir air untuk penggilingan kopi. Bapak dapat melihatnya bagaimana hebatnya alat itu bekerja”. Elak Henry.
Serta-merta gurunya itu marah dan mengukum Henry. Kemudian berkata kepada murid-murid yang lain, “Kalian harus belajar menghormati masyarakat, dan menolongnya.
Bukankah saya selalu berpesan begitu setiap kali kalian akan pulang? (Kejengkelan tersebut diucapkan sang guru untuk menghibur si petani yang marah-marah tadi. Tapi ia tertarik dengan pekerjaan yang telah dilakukan oleh murid-muridnya).
Setelah eksperimen di atas dianggap cukup berhasil, Hendry menjadi lebih tekun mempelajari cara-cara mesin bekerja. Di sekolahnya suatu ketika, sewaktu pelajaran, sedang berlangsung, dengan bangga ia bercerita kepada teman-temannya mengenai mesin-mesin yang diketahuinya.
Teman-temannya itu menjadi tertarik dan berkerumun di sekelilingnya mengakibatkan pelajaran terganggu. Tiba-tiba gurunya datang ke tengah-tengah kerumunan itu.
“Henry”, bentak gurunya dengan geram dan menatap para murid-muridnya, “Apakah kalian tidak pernah mencoba bagaimana untuk belajar yang baik? Apa gunanya kalian datang ke sekolah ini. Ha? Sekarang kalian bersama Henry harus tinggal di kelas sehabis pelajaran nanti”.
Gurunya itu memberikan kepada mereka sebuah mesin yang telah dirusakkan lebih dulu. “Kalian harus membetulkan mesin ini!” Gertak gurunya itu. “Bilamana kalian tidak dapat memperbaikinya, kalian akan mendapat hukuman lagi”.
Akan tetapi Henry dengan tangkas mengerjakan mesin tersebut hanya dalam jangka waktu kurang dari 10 menit segera selesai. Gurunya jadi kagum melihat bakat muridnya tersebut.
Keterampilannya dalam bidang permesinan itu membuat ia mulai dikenal orang. Ia sering memperbaiki mesin-mesin para tetangganya. Banyak orang yang kagum akan bakat Henry itu, tetapi ayahnya membenci pekerjaan itu.
William Ford menginginkan anaknya menjadi seorang petani yang baik. Tetapi hal tersebut tidak dapat dicegahnya sehubungan Henry mempunyai kemauan yang besar dalam bidang ini.
Masa Remaja
Setelah meningkat dewasa, dan merasa mampu untuk hidup mandiri. Henry meminta restu kepada orang tuanya untuk mencoba hidup merantau. Ia berjalan menuju kota Detroit.
Di kota ini ia mendapatkan pekerjaan pada sebuah pabrik. Ia mendapat gaji 2,50 dolar seminggu. Tapi ia harus mengeluarkan biaya 3,50 dolar untuk biaya hidup dalam waktu yang sama.
Maka untuk menutupi kekurangan, itu ia menambah pekerjaan ekstra sebagai pelayan pada sebuah toko permata. Dari toko ini ia menerima 2,00 dolar. Sembilan bulan lamanya ia bekerja di pabrik itu, sementara menjadi pelayan pada toko permata ketika pulang dari bekerja di pabrik.
Suatu hari, tiba-tiba ia mendapat kabar perihal ayahnya yang sakit keras. Ayahnya meminta Henry agar lekas pulang. Henry tidak dapat berbuat apa-apa kecuali memenuhi permintaan ayahnya itu. Dia harus kembali ke ladang!
Selama bekerja sebagai petani, Henry mempunyai ide untuk membuat sejenis mesin yang dapat bekerja sebagai bajak di ladang-ladang.
Ia tidak menyetujui binatang-binatang dipekerjakan di ladang-ladang dan kebun. Mereka menjadi banyak makan. Selama musim dingin mereka tidak bekerja, tetapi makan terus.
Henry menciptakan sebuah mesin yang dapat bekerja di ladang-ladang untuk menggantikan hewan tanpa harus terus-menerus memberinya makan.
Hasil temuannya itu merupakan sumbangan yang amat berarti bagi penciptaan mesin-mesin pertanian kelak. Banyak orang yang tertarik kepada idenya.
Di samping itu ia banyak pula membantu para tetangganya telah sedikit demi sedikit memakai mesin di ladang-ladang mereka. Henry adalah orang-orang begitu cakap dalam bidang permesinan ini, sehingga ia dikenal sebagai ahli mesin satu-satunya di daerah itu, ini berlangsung selama beberapa tahun.
Karena tidak dapat meninggalkan tanah pertanian selama ayahnya sakit. Maka ia banyak memperhatikan masalah dan kekurangan-kekurangan yang diderita oleh para petani.
Ia menyimpulkan bahwa para petani tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak yang 24 hari dalam setahun bekerja memproduksi bahan makanan.
Henry berkata kepada para tetangganya, “Bila waktunya membajak, mengolah tanah dan menuai lebih baik, para petani harus menggunakan mesin-mesin atau mekanisasi. Disamping pekerjaan lebih cepat selesai, dapat pula memberikan upah yang layak.
Ladang yang diolah dengan cara mekanisasi dapat dan akan menekan biaya operasionalnya, selain pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat, para petani dapat pula menikmati hasil ladangnya dengan pendapatan yang pantas.”
Penemuan Traktor Pertama Henry Ford
Henry Ford menciptakan mesin pertaniannya yang pertama ketika ia berumur 20 tahun. Percobaan yang pertama dari mesin yang kelihatan aneh. Ini hanya mampu bergerak 40 kaki kemudian tiba-tiba berhenti.
“Saya mengharapkan mesin ini mampu membajak seluruh ladang-ladang dalam waktu yang singkat,” kata Henry, “Tapi penemuan ini belum mempunyai kekuatan yang berarti”.
Traktor yang pertama ini masih menunggu penemuan lain di negara itu, yakni penggunaan bahan bakar. Sementara itu Henry Ford menyenangi seorang gadis manis di sebuah kota lain. Tetapi gadis manis tersebut tidak menyukainya. Henry memikirkan cara memecahkan problem itu.
Ia membeli satu set permainan sulap dan meminjam seekor kuda manis kepunyaan bapaknya. Kemudian ia membuat sebuah jubah dari kain satin. Selanjutnya mendirikan sebuah grup sulap di dekat rumah Clara Bryant, anak gadis yang memikat hatinya itu.
Dengan mengerjakan sebuah baju rompi yang manis, dan banyak sakunya, juga sebuah jam yang dibuatnya sendiri dan dua buah sapu tangan, Henry menunjukkan kebolehannya dalam bermain sulap.
Henry mengadakan dua kali pertunjukan yang selalu menarik di kala itu. Hal tersebut sekaligus mencapai yang diinginkannya, menaklukkan hati Clara Bryant yang semula tidak suka kepadanya.
Henry dan Clara menikah pada bulan Apil 1888. Mereka hidup dengan menggarap ladang selama tiga tahun di pemberian ayahnya. Pada suatu malam Henry berkata kepada istrinya, “Clara, saya yakin kita akan lebih sukses, bila kita bisa pindah ke Detroit.
Saya akan membuat sebuah kereta kuda di sana. Di sini saya terlalu sibuk!” Henry kemudian menerangkan kepada istrinya tentang gagasan-gagasannya untuk membuat kendaraan yang digerakkan dengan mesin.
Di Detroit ia mendapatkan pekerjaan di perusahaan lampu milik Thomas Alva Edison pada malam hari, sedangkan pada siang hari ia membuat kereta kudanya untuk berlari. Selama dua tahun ia belum dapat menciptakan kereta kudanya untuk berlari.
Ia telah banyak menghabiskan waktu di bengkelnya yang terbuat dari batu bata sederhana itu, sementara di sekeliling para tetangganya melihat tingkahnya, menganggap Henry telah gila.
Penemu Mobil Amerika
“Sebuah kereta kuda!?” kata mereka, “Bila akan bergerak kalau Henry tidak mendorongnya”. Tapi Henry Ford tetap pada pendiriannya.
Henry tidak berhenti bekerja di bengkelnya. Ia menumpahkan segala perhatiannya dengan penuh konsentrasi terhadap idenya. Pada suatu pagi tahun 1893 sebuah kereta kuda, siap untuk diuji coba.
Dengan kegigihan yang kuat dan cekatan yang membaja Henry Ford memulai mengoperasikan keretanya, yang sangat membisingkan dan mengeluarkan asap yang mengepul-ngepul di udara. Kereta itu meluncur dari pabriknya menuju jalan raya. Tapi tidak jauh berlari.
Baru beberapa kaki saja beranjak dari bengkel tiba-tiba mati, dan tak dapat berkelok karena tidak mempunyai kemudi. Akan tetapi mesin kereta itu kembali hidup.
Dengan demikian kini Henry telah membuktikan kepada orang-orang di sekelilingnya yang selama ini menganggap lucu, dungu, dan tolol, sekarang tidaklah demikian halnya.
Ketika kereta ciptaannya diuji coba untuk kedua kalinya, istrinya ikut ambil bagian, yaitu sebagai penumpang. Kreativitas mereka itu menimbulkan sensasi? Beberapa ekor kuda sekonyong-konyong terkejut, lantas lari sekencang-kencangnya tidak tentu arah, ketika kereta Henry itu lewat di dekatnya.
Suara kereka itu menimbulkan pekik yang memekakan telinga, lantara kerasnya. Mendadak kereta itu terhenti karena mesinnya mati.
Orang-orang menyaksikan keanehan itu serentak menyerbu, mengelilingi benda yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Serta-merta mereka bersorak, sebagian merasa kagum, tapi sebagian besar menunjukkan rasa cemas.
Kendaraan ciptaan Ford tersebut hanya bisa lari lurus memanjat bukit dan meloncati tebing-tebing. Mereka menasihati Henry Ford agar pekerjaan itu diberhentikan saja.
Tapi Ford berkata “Kereta ini harus lari, dan lari walaupun sekarang belum mempunyai dana dan tidak mempunyai koneksi yang dapat membantu saya. Yang saya pikirkan sekarang adalah bagaimana dapat menciptakan sebuah “otomobil”.
Pada tahun 1896, ia telah menyelesaikan gerbong atau kereta tanpa kuda pertamanya yang dinamakan “Quadricycle”. Disebut demikian karena sasis yang ia sebut sebagai kendaraan empat tenaga kuda adalah kerangka buggy yang dipasang pada empat roda sepeda.
Ford bisa dikatakan sebagai penemu mobil Amerika seperti banyak penemu otomotif lainnya seperti Charles Edgar dan J.Frank Duryea, Elwood Haynes, Hiram Percy Maxim, dan kenalannya di Detroit Charles Brady King.
Setelah berhasil membuat kereta bertenaga mesin pertamanya yang kemudian disebut sebagai mobil, Ford kemudian menjual kendaraan temuannya tersebut untuk membiayai proyeknya dalam membuat dan menyempurnakan mobil temuannya.
Mendirikan Ford Motor Company
Selama tujuh tahun berikutnya ia memiliki berbagai pendukung serta investor. Dalam biografi Henry Ford diketahui bahwa pada tahun 1899, Henry Ford kemudian mendirikan Detroit Automobile Company yang kemudian dikenal sebagai Ford Company.
Namun semua pendukungnya meninggalkannya dengan putus asa karena mereka menginginkan mobil penumpang ciptaan Ford dapat dipasarkan. Sementara Ford bersikeras untuk selalu memperbaiki model apa pun yang sedang dikerjakannya. Ia selalu mengatakan bahwa model tersebut belum siap untuk konsumen.
Ford kemudian membuat beberapa mobil balap selama tahun-tahun ini, termasuk mobil Ford “999” yang dikendarai oleh Barney Oldfield, dan membuat beberapa rekor kecepatan baru.
Pada tahun 1902, Henry Ford meninggalkan Henry Ford Company, yang ia bangun yang kemudian direorganisasi menjadi Cadillac Motor Car Company.
Akhirnya, pada tahun 1903, Ford siap memasarkan mobil ciptaannya yang kemudian dikenal dengan mobil Model T. Disini kemudian Ford Motor Company didirikan sekali lagi, kali ini hanya dengan modal $ 28.000.
Kesuksesan Ford Motor Company
perusahaan ini sukses sejak awal. Tetapi hanya lima minggu setelah didirikan, Asosiasi Produsen mobil Berlisensi mengancam mengeluarkan perusahaan Ford karena Ford bukanlah produsen berlisensi.
Izinnya Ford sebagai mobil berlisensi telah ditolak namun tujuan asosiasi tersebut. Asosiasi tersebut mengklaim bahwa paten harus diterapkan pada semua mobil bertenaga bensin termasuk mobil Ford.
Ford menganggap paten tersebut tidak masuk akal. Menurut Ford, semua penemuan adalah masalah evolusi. Namun Selden mengklaim asal-usul dari penemuan mobil.
Dalam Biografi Henry Ford diketahui bahwa ia kemudian mengajukan gugatan di pengadilan atas perseteruan tersebut. Ford kalah dipengadilan pada tahun 1909.
Namun ia mengajukan banding dan menang pada tahun 1911. Kemenangannya memiliki implikasi luas bagi industri otomotif,. Pertarungan melawan Asosiasi tersebut menjadikan Ford dikenal sebagai sosok yang populer di Amerika.
Selama 19 tahun keberadaan mobil Model T ciptaan Ford, ia berhasil menjual sebanyak 15.500.000 mobil di Amerika Serikat. Hampir 1.000.000 lebih di Kanada, dan 250.000 di Inggris Raya.
Total produksi mobil T berjumlah setengah dari produksi mobil dunia kala itu. mobil Model T adalah instrumen utama dari salah satu perubahan terbesar dan paling cepat dalam kehidupan orang awam dalam sejarah.
Kendaraan itu mempengaruhi perubahan dalam waktu kurang dari dua dekade. Para petani tidak lagi diisolasi di pertanian terpencil. Kendaraan memakai Kuda menghilang begitu cepat sehingga perpindahan areal dari jerami ke tanaman lain menyebabkan revolusi pertanian.
Kendaraan mobil kini menjadi penyangga utama ekonomi Amerika dan pendorong urbanisasi dari kota-kota menyebar ke luar. Ini kemudian menciptakan pinggiran kota dan pengembangan perumahan, dan membangun sistem jalan raya terbaik di dunia.
Henry Ford Meninggal Dunia
Dalam Biografi Henry Ford diketahui bahwa pendiri perusahan Ford Otomotif sekaligus penemu mobil Amerika ini meninggal dunia pada tanggal 7 April 1947 di Michigan, Amerika Serikat.
Ia menghembuskan nafas terakhirnya di usia 83 tahun. Saat wafat, ia sudah berhasil membuat perusahaan Ford otomotif menjadi salah satu perusahaan produsen otomotif terbesar di Amerika dan di dunia. perusahaan tersebut kemudian dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Edsel Ford.
Pemerintah Amerika Serikat bahkan memberikan penghargaan sekaligus penghormatan kepada inovator sekaligus penemu mobil Amerika ini.
perusahaan Ford Otomotif kini dikenal sebagai salah satu perusahaan otomotif raksasa dan terkenal di dunia. Kesuksesan Henry Ford membuat ia menjadi salah satu sosok paling terkenal di dunia. Ia bahkan menjadi salah satu tokoh dari 100 tokoh paling berpengaruh di dunia menurut penulis Michael Hart dalam buku The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History.