Joe Taslim – Dari Atlet Judo Indonesia Menjadi Sub-Zero

Johannes Taslim atau yang lebih dikenal sebagai Joe Taslim ini lahir di Kota Palembang, Sumatra Selatan pada tanggal 23 Juni 1981. Pria keturunan Tionghoa yang sekarang berusia 40 tahun ini merupakan seorang aktor, model dan penyanyi Indonesia.

Joe Taslim pernah menjadi bagian dari tim nasional judo Indonesia dan meraih medali perak di perhelatan SEA Games 2007 sebelum akhirnya menjadi seorang aktor yang sekarang sudah go internasional.

Kehidupan Keluarga

Joe Taslim memiliki istri cantik bernama Julia Taslim. Pasangan ini menikah pada 2004 silam. Mereka telah dikaruniai tiga orang anak yakni Hyori Mikaveli Taslim, Hiero Joe Taslim dan Kaara Ofelia Taslim. Belasan tahun berumah tangga, Joe dan Julia tetap terlihat mesra. Mereka kerap mengunggah momen kebersamaan di Instagram.

Bela diri dan olahraga

Joe Taslim sudah banyak mempelajari bela diri sejak usia dini. Ia menguasai beberapa jenis bela diri seperti Wushu, Judo, Taekwondo, dan Pencak Silat. Namun, pada akhirnya ia memilih Judo dan itu menjadikannya atlet Judo profesional.

Ia pun beberapa kali mengikuti kejuaraan Judo, seperti SEA Games pada 2008 dan kejuaraan Judo Asia Tenggara pada 1999. Ia memenangkan beberapa medali emas di kejuaraan nasional, satu medali emas di kejuaraan judo Asia Tenggara 1999, dan satu medali perak di SEA Games 2007. Taslim adalah anggota tim nasional judo Indonesia sejak 1997 sampai 2009. Setelah sempat mengalami cedera, ia memutuskan pensiun.

Dunia Hiburan

Joe Taslim mengawali karirnya di dunia hiburan sebagai model. Ia sempat tampil di beberapa majalah ternama tanah air. Ia pun mulai merambah ke dunia hiburan dengan menjadi bintang iklan televisi.

Tidak berhenti di situ, Joe juga mengikuti beberapa casting untuk menjadi aktor film. Akhirnya pada tahun 2010, Ia mendapat peran sebagai Jaka, sersan pasukan khusus di film The Raid: Redemtion setelah mengikuti serangkaian audisi baku hantam. Sejak saat itu, namanya mulai dikenal publik, bahkan hingga dunia hiburan luar negeri.

Akting Joe dalam film The Raid ternyata menarik perhatian dunia perfilman internasional. Saat itu, ia mulai terlibat dalam film laga horor buatan HBO Asia bertajuk Dead Mine. Film ini telah dirilis di beberapa negara Asia.

Akhirnya pada tahun 2013, Joe mendapat peran di film Fast Furious 6. Saat itu, ia memerankan tokoh antagonis, pembunuh berdarah dingin yang memakai kemampuan bela diri dan parkournya untuk melawan tokoh protagonis, yakni diperankan oleh Vin Diesel dan Paul Walker.

Pada 2016, Joe kembali terlibat dalam film Hollywood berjudul Star Trek. Ia memerankan sesosok alien bernama Manas.

Yang terbaru, Joe terlibat dalam Jagat Sinema Bumilangit, serial film yang menceritakan pahlawan super asli Indonesia yang diambil dari cerita komik masa lalu. Joe rencananya akan memenangkan karakter pendekar bernama Mandala, di mana filmnya Mandala Golok Setan rencananya akan diproduksi dalam 3-4 tahun mendatang.

Selain itu, Joe juga akan memerankan karakter Sub-Zero dalam film Mortal Kombat (2021) yang diadaptasi dari permainan video populer.

Baru-baru ini, ia diketahui membintangi film The Swordsman merupakan film laga sejarah Korea Selatan yang disutradarai Choi Jae-Hoon.

Joe Taslim termasuk salah satu artis Tanah Air yang jauh dari gosip dan kontroversi. Sebaliknya, berbagai prestasi terus ditunjukkan Joe Taslim dari tahun ke tahun. Pada 2014, Joe Taslim mendapatkan penghargaan Best Actor di Indonesian Movie Actor Awards berkat film La Tahzan (2013). Joe Taslim juga menjadi Favorite Actor di Indonesia Kids’ Choice Awards 2015 dan Actor of the Year di Style Award 2017.

Selain itu, Joe Taslim membuat bangga Tanah Air dengan menerima Best APAN (Asia Pacific Actors Network) Star Award di tahun 2016 bersanding dengan Song Joong Ki (Korea), Kim Hee Sun (Korea), Thanayong Wongtrakul (Thailand), Jessy Mendiola (Filipina), dan  Narimiya Hiroki (Jepang).

Film yang diperankan Joe Taslim

  • Karma (2008)
  • Rasa (2009)
  • The Raid: Redemption (2011)
  • Dead Mine Djoko (2012)
  • Fast and Furious (2013)
  • La Tahzan Yamada (2013)
  • Star Trek Beyond (2016)
  • Surat Kecil untuk Tuhan (2017)
  • Swordsman (2018)
  • The Night Comes For Us (2018)
  • Hit and Run (2019)
  • Sri Asih (2021)
  • Mortal Kombat (2021)
  • Mandala Golok Setan (…)

Prestasi sebagai Atlet

  • South East Asia Judo Championship Singapore 1999 – Medali Emas
  • SEA Games 2007 – Medali Perak
  • Pekan Olahraga Nasional 2008 – Medali Emas