If you want to share and earn points please login first

Biografi Shigeru Miyamoto – Steven Spielberg of Video Games

Shigeru lahir 62 tahun lampau di pedesaan Sonobe, Kyoto. Desanya dikelilingi sungai dan hutan-hutan. Ia lahir di keluarga sederhana, rumahnya mungil dan tidak ada televisi. Waktu kecil itu, mainan Shigeru tak banyak. Jadi dia sering bikin sendiri yang membuatnya banyak berimajinasi.

Ia suka menggambar dan membuat cerita sendiri tentang karakter-karakter aneh. Shigeru juga suka berpetualang ke alam liar. Kadang ia masuk ke hutan, ke gua atau naik gunung.

Suatu hari saat berumur 7 tahun, Shigeru menemukan sebuah lubang di tanah. Ia masuk ke sana dan tak menemui apapun selain kegelapan. Hari selanjutnya, ia kembali ke sana dan ternyata, lubang itu mengarah ke gua kecil yang bercabang-cabang. Gua itu menjadi tempat bermain kesenangan Shigeru.

Waktu dewasa, Shigeru mengatakan petualangannya semasa bocah adalah sumber inspirasi dalam membuat game-game legendarisnya. Ia senang mengenang masa kecilnya yang membahagiakan dan berharap anak-anak zaman sekarang juga mengalami petualangannya sendiri.

“Aku masih bisa merasakan sensasi yang kualami saat berada di sungai kecil di desaku, saat tanganku mencari sesuatu di bawah batu kemudian ada yang menyentuh jariku yang ternyata adalah ikan,” papar Shigeru.

“Itu adalah pengalaman yang tak bisa kuekspresikan dengan kata-kata. Sebuah situasi yang tidak biasa. Kuharap anak-anak zaman sekarang bisa menjalani pengalaman serupa tapi memang tidak mudah lagi,” tambahnya.

Ingin Jadi Komikus

Waktu cepat berlalu, Shigeru pun lulus kuliah dari Kanazawa Municipal College of Industrial Arts. Kesukaannya pada Manga, sebutan untuk komik asal Jepang, sempat membuatnya ingin jadi komikus saja. Tapi takdir berkata lain. Shigeru berjodoh dengan Nintendo.

Nintendo awalnya hanya perusahaan Jepang yang relatif kecil, menjual mainan seperti kartu. Pada pertengahan 1960-an, barulah Nintendo merintis pembuatan game. Nah, kebetulan ayah Shigeru kenal dengan presiden Nintendo pada waktu itu, Hiroshi Yamauchi.

Maka, Shigeru diminta wawancara dengan Hiroshi dan diangkat menjadi pegawai magang. Hiroshi terkesan dengan imajinasi Shigeru dan menganggapnya karyawan potensial.

Shigeru pun berperan dalam pembuatan game awal Nintendo seperti Sheriff dan Radar Scope yang rilis pada 1980. Radar Scope cukup sukses di Jepang. Tapi sayangnya, ketika coba dijual di pasar game Amerika Utara ternyata tak begitu laku.

Banyak kopi tak terjual dan akibatnya, Nintendo hampir bangkrut. Hiroshi pun mencari akal untuk bertahan dan Shigeru ditugasi membuat Radar Scope menjadi game dengan cerita baru.

Shigeru pun mulai sibuk mencari ide cerita yang kira-kira akan disukai gamer. Akhirnya dia memiliki ide tentang kisah cinta seekor gorila, tukang kayu dan seorang gadis. Begitulah, singkat cerita, lahirlah game Donkey Kong.

Donkey Kong meraih sukses dan menyelamatkan Nintendo. Shigeru tak terlena, ia kemudian ingin membuat game lain berdasarkan karakter di Donkey Kong. karakter Jump Man ia jadikan Mario dan ia tambah dengan karakter saudaranya yang bernama Luigi. Jadilah game Mario Bros.

Nintendo kemudian meluncukan konsol game Nintendo Entertainment System. Shigeru kembali menjadi sosok kunci di mana dia membuat dua judul game legendaris di konsol ini, Super Mario Bros dan Legend of Zelda. Di kedua game tersebut, Shigeru fokus pada gameplay menarik ketimbang skor tinggi, berbeda dari game lain di masa itu.

Di Legend of Zelda yang dianggap sebagai game terobosan pada masanya, gamer bisa mengeksplorasi dunia imajinasi yang penuh petualangan. Gamer ditantang memecahkan berbagai teka teki untuk menuju tahap selanjutnya.

Shigeru mengatakan Legend of Zelda banyak terinspirasi dari pengalaman masa kecilnya. “Ketika masih kecil, aku pergi hiking dan menemukan danau. Ketika aku bepergian ke banyak tempat tanpa peta, aku menemukan banyak hal menakjubkan,” katanya.

Begitulah, Shigeru boleh dibilang adalah kunci sukses Nintendo. Dia disebut-sebut sebagai bapak video game modern. game paling fenomenal yang diciptakannya tentu saja adalah Mario Bros yang sudah keluar begitu banyak serinya dan masuk jajaran game terlaris sepanjang masa.

Majalah Time pernah menyebut Shigeru sebagai Stephen Spielberg di dunia game. Media kenamaan Inggris Telegraph menyebutnya sebagai desainer game paling berpengaruh sepanjang masa.

Shigeru dari tahun 1977 sampai sekarang setia bekerja di Nintendo dengan jabatan terakhir sebagai General Manager. Ada desas desus bahwa dia menjadi kandidat kuat pengganti presiden Nintendo Satoru Iwata, yang belum lama ini meninggal dunia.

Apapun itu, jadi bos Nintendo atau tidak, Shigeru Miyamoto adalah legenda yang sulit ditandingi. Ia pernah mengatakan misi utamanya dalam membuat game adalah membuat orang terhibur.

“Ketika aku membuat video game, aku ingin orang-orang jadi terhibur. Aku selalu berpikir bagaimana orang akan menikmati permainan video game yang kami ciptakan? Dan selama aku bisa menikmati sesuatu, orang lain pun bisa menikmatinya,” kata dia.

Daftar Game yang Dibuat Shigeru Miyamoto

  • Sheriff (1979, Arcade)
  • Radar Scope (1979, Arcade)
  • Space Firebird (1980, Arcade)
  • Donkey Kong (1981, Arcade)
  • Donkey Kong Junior (1982, Arcade)
  • Popeye (1982, Arcade)
  • Mario Bros. (1983, Arcade)
  • Baseball (1983, NES/Famicom)
  • Tennis (1984, NES/Famicom)
  • Golf (1984, NES/Famicom)
  • Donkey Kong 3 (1984, Arcade)
  • Devil World (1984, NES/Famicom)
  • Excitebike (1984, NES/Famicom)
  • Super Mario Bros. (1985, NES/Famicom)
  • The Legend of Zelda (1986, Famicom)
  • Yume Kojo: Doki Doki Panic/Super Mario Bros 2 (1987, NES/Famicom)
  • BS Zelda no Densetsu (1995, Super Famicom)
  • Pilotwings 64 (1996, Nintendo 64)
  • The Legend of Zelda: Ocarina of Time (1998, Nintendo 64)
  • Pac-Man Vs. (2003, GameCube)
  • Super Mario Galaxy (2007, Wii)
  • Wii Fit (2007, Wii)
  • Wii Music (2008, Wii)
  • Steel Diver (2011, Nintendo 3DS)

Fakta Kehidupan Shigeru Miyamoto

  1. Waralaba Legend of Zelda terinspirasi oleh pengalaman yang dimiliki Miyamoto saat kecil menjelajahi gua dengan lentera di dekat rumahnya. Ketegangan yang dia rasakan saat berpetualang di jenis area ini sangat penting dalam kreativitasnya yang menghasilkan seri Nintendo yang paling terkenal.
  2. Lima generasi keluarga Miyamoto telah tinggal di kampung halamannya di Sonobe, Kyoto, Jepang sebelum dia lahir di sana pada tahun 1952.
  3. Miyamoto mengatakan makanan favoritnya adalah mie dan pasta dalam bentuk apa pun, terutama ramen.
  4. Miyamoto menikmati berenang di waktu luangnya.
  5. Dia pertama kali ditawari pekerjaan di Nintendo pada tahun 1977. Dia masih sama pentingnya dengan 43 tahun kemudian!
  6. Dia berkomentar pada tahun 1994 bahwa Donkey Kong Country membuktikan bahwa gamer tidak peduli jika gameplay suatu judul biasa-biasa saja jika karya seninya bagus. Klaim tersebut kemudian diperdebatkan, tetapi kutipan tersebut tetap hidup tentang salah satu judul DK yang paling disukai.
  7. Miyamoto harus tinggal di properti milik perusahaan di seberang jalan dari kantor Nintendo-nya untuk menyelesaikan pembuatan Donkey Kong yang asli . Jenis waktu krisis ini diperlukan untuk mengeluarkan permainan bagi perusahaan yang sangat membutuhkan kesuksesan setelah kegagalan judul yang disebut Radarscope.
  8. Mario dimaksudkan untuk berusia pertengahan 20-an ketika Miyamoto membuat konsepnya, tetapi kumis khasnya membuatnya terlihat paruh baya!
  9. Alasan Mario hanya bisa jatuh 1,5 kali tingginya sendiri di Donkey Kong yang asli adalah karena Miyamoto ingin fisika permainannya meniru kehidupan nyata. Dia menyadari bahwa game tidak harus terlalu kaku di judul-judul selanjutnya, jelas.
  10. Hobi aslinya yang mengarah pada desain video game adalah minat besar dalam menggambar dan Manga.
  11. Miyamoto ingin menyampaikan bahwa Donkey Kong adalah seorang idiot dengan penamaan karakter yang tepat, karena dia menggunakan kamus untuk menjelaskan definisi “Keledai” ini.
  12. Miyamoto bergabung dengan sebuah band dan bermain banjo saat kuliah.
  13. Dia hanya mendapat wawancara dengan Nintendo karena ayahnya tahu kepala honcho perusahaan, Hiroshi Yamauchi.
  14. Ia memiliki daya tarik yang menarik dengan mengukur dimensi benda di sekitarnya, dan ia pernah menampilkannya satu kali di TV larut malam!
  15. Diperkirakan Miyamoto bernilai sekitar 40 juta dolar AS! Tidak terlalu buruk setelah empat dekade kecemerlangan!
  16. Star Fox , salah satu seri Miyamoto yang paling kurang dikenal, terinspirasi oleh karya George Lucas dengan Star Wars . Lucas adalah salah satu pembuat film favoritnya.
  17. Miyamoto tidak bisa menonton televisi sampai dia berusia 11 tahun, karena keluarganya tidak pernah memilikinya.
  18. Dia ingin kepribadian dan karakteristik asli Mario dibiarkan ambigu agar tidak mengganggu permainan masa depan dengan karakter dan alur ceritanya.
  19. Pikiran pertama Miyamoto saat mendesain game baru adalah apakah game itu menyenangkan untuk dimainkan. Semua fitur lainnya, seperti grafik, suara, dll. Adalah sekunder.
  20. Ketika dia dipekerjakan, dia pertama kali mengerjakan proyek bernama Color TV Racing 112 , sebuah game balapan dengan pengontrol roda kemudi yang sebenarnya.
  21. Orang-orang telah bertanya Miyamoto apakah dia pernah dianggap penamaan anak sulungnya Mario karena ia lahir tepat pada tahap pengembangan akhir dari Super Mario Bros . Miyamoto memilih untuk tidak menggunakan nama yang sama.
  22. Istri Miyamoto bernama Yasuko dan mereka memiliki dua anak bersama.
  23. Krisis paruh baya di usia 40 yang membuatnya berhenti merokok dan mencatat berat badannya sering mengarah pada konsep Wii Fit .
  24. Dia mengatakan bahwa dia tidak merasa terlalu terhubung dengan budaya Jepang seperti yang diharapkan banyak orang, sebaliknya dia lebih terhubung dengan hiburan dari fitur-fitur Amerika.
  25. Nintendo menyuruhnya berhenti bersepeda ke kantor karena mereka khawatir dia akan terluka parah dalam kecelakaan di pinggir jalan. Miyamoto memang suka bersepeda.
  26. Dia dianugerahi gelar kebangsawanan di Prancis pada tahun 2006, menjadi salah satu desainer game pertama yang menerima penghargaan ini.
  27. Miyamoto mengatakan bahwa dia lebih sering ditemukan oleh pelancong dan penggemar non-Jepang daripada rekan senegaranya dan wanita desa.
  28. Miyamoto menyamakan mitos bahwa bermain game adalah kebiasaan tidak sehat dengan apa yang banyak dikatakan tentang musik rock di tahun 60-an.
  29. Ia percaya untuk masuk ke dalam benak pemain saat mendesain sebuah game, karena gamer itu sendiri adalah seniman, yang membuat realitasnya sendiri dalam game yang mereka mainkan. Konsep yang sangat memberdayakan, untuk sedikitnya!
  30. Miyamoto suka menghindar dari ketenaran publik hampir sepanjang waktu.
  31. Dia memiliki kebiasaan aneh untuk menata ulang perabotan di sekitar rumahnya dengan seenaknya, kapan pun waktunya.
  32. Putra tertuanya bekerja di sebuah biro iklan.
  33. Anak bungsunya, seorang putri, memiliki cita-cita bekerja di bidang zoologi.
  34. Miyamoto memuji meme internet “My Body is Ready” yang dikatakan oleh presiden Nintendo of America, Reggie Fils-Aime, sebagai tanggapan atas permintaan Miyamoto untuk melangkah ke demonstrasi Wii Balance Board.
  35. Alur cerita dari arcade asli Donkey Kong seharusnya menyerupai karakter dari Popeye.
  36. Meskipun tidak dikenal karena soundtracknya, Miyamoto menggubah lagu terbatas yang menyertai Donkey Kong tersebut .
  37. Miyamoto mengatakan dia jauh lebih bersedia memberikan kelonggaran pada desain Mario ketika dia berada dalam permainan olahraga daripada platformer garis utamanya.
  38. Dia ingin memasukkan Yoshi ke dalam franchise Mario sejak Super Mario Bros. , tetapi tidak mungkin sampai Super Mario World karena keterbatasan teknologi pada periode waktu tersebut.
  39. Dia mempertimbangkan untuk menamai franchise Star Fox Star Wolf , Star Hawk , Star Sheep , dan Star Sparrow .
  40. Nama Mario diambil dari nama seseorang yang bekerja di gudang Nintendo of America karena karakternya mirip dengan orang tersebut. Miyamoto menyukai hubungan antara keduanya dan setuju dengannya.
  41. Adegan dengan banyak renang di Super Mario 64 hadir karena dedikasi Miyamoto pada Hobi tersebut selama periode waktu pembuatan game tersebut.
  42. Jamur membuat Mario semakin besar karena Miyamoto melihat sejarah jamur digunakan sebagai sumber misteri dan kekuatan dalam fiksi lain.
  43. Chain Chomps dari seri Mario disebabkan oleh pengalaman menakutkan yang dialami Miyamoto dengan seekor anjing yang mencoba menyerangnya tetapi dihentikan oleh sebuah rantai.
  44. Anjingnya sendiri, Pikku, dinamai Pikachu, menjadi inspirasi bagi Nintendogs .
  45. Dia kadang-kadang disebut “Stephen Spielberg” dari video game.
  46. Miyamoto adalah lulusan Sekolah Tinggi Seni Industri Kota Kanazawa.
  47. karakter game non-Nintendo favoritnya adalah Pac-Man.
  48. game Mario favoritnya adalah Super Mario World .
  49. Dia mempersembahkan mainannya sendiri kepada kahuna besar Nintendo ketika melamar kerja di sana pada akhir 1970-an. Ini adalah demonstrasi yang tepat dari bakatnya karena sejarah perusahaan dengan bermain kartu.
  50. Miyamoto secara singkat menjalankan Nintendo setelah Satoru Iwata meninggal sebelum waktunya.
  51. Dia bilang makanan paling tidak favoritnya adalah hati apapun.
  52. Ayahnya mengajar bahasa Inggris untuk mencari nafkah.
  53. Miyamoto bukanlah penggemar transformasi “Wolf Link” dalam “The Legend of Zelda: Twilight Princess”.
  54. Paper Mario disarankan sebagai konsep kertas berdasarkan karya Seni yang telah digambar oleh karyawan baru di Nintendo. Miyamoto sendiri mengatakan bahwa mereka harus menggunakannya sebagai dasar desain karakter dalam serial tersebut.
  55. Miyamoto terpesona dengan Angry Birds selama masa kejayaan judul seluler di awal tahun 2010-an.
  56. Miyamoto adalah produser film Illumination’s Mario yang akan dirilis pada tahun 2022.
  57. Miyamoto bermain bola basket di sekolah menengah.
  58. musik Wii terinspirasi oleh cinta seumur hidup dan daya tarik Miyamoto dengan semua genre musik yang berbeda, termasuk marching band dan lagu daerah.
  59. Miyamoto mengatakan bahwa ada begitu banyak permainan di mana Mario dan Bowser bergaul sebagai teman alih-alih musuh karena karakternya hampir berperan sebagai aktor, melakukan peran yang diberikan dalam situasi yang berbeda. Hampir seperti rombongan akting.
  60. Miyamoto tidak suka disebut “pencipta” karena itu membuatnya terdengar seperti dewa atau dewa.
  61. Miyamoto pernah ingin Mario muncul di setiap game yang diterbitkan oleh Nintendo.
  62. Miyamoto memainkan lagu tema Super Mario dengan The Roots on The Tonight Show bersama Jimmy Fallon pada tahun 2016.
  63. Miyamoto telah memenangkan dua penghargaan pencapaian seumur hidup, pada tahun 1998 dan 2007.
  64. Miyamoto adalah seorang ambidextrous tetapi suka membuat karakter seperti Link kidal karena itu adalah kidal yang dia sukai.
  65. Dia tidak suka menandatangani tanda tangan karena takut dia akan dibombardir dengan lebih banyak lagi, sesuatu yang akan membuatnya tidak nyaman dengan kepribadiannya yang pemalu.
  66. Miyamoto tidak percaya mencoba membuat game untuk mendapat untung karena itu menghambat kreativitas. Judul terbaik datang dari kecerdikan.
  67. Dia menyebut pekerjaannya di Nintendo sebagai “rekayasa manusia”.
If you want to share and earn points please login first